3 Cara Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Si Kecil, Mudah Kok Sebenarnya

3 Cara Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Si Kecil, Mudah Kok Sebenarnya

Bagaimana cara yang tepat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil? Terlebih lagi jika anak sedang dalam masa perkembangannya dan sedang mengeksplor dunianya yang baru. Atau bahkan dalam fase picky eater.

Sebab sering kali terjadi hal-hal yang tidak diduga oleh orang tua ketika sang buah hati sedang mencoba untuk mengekspor semua rasa makanan yang dihidangkan. Sehingga sering kali mengkhawatirkan orang tua.

Lalu, adalah cara khusus untuk memenuhi kebutuhan gizi si kecil?  Tentu saja ada. Anda dapat mengikuti beberapa pilihan di bawah ini.

Bagaimana  Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Si Kecil?

Ada banyak cara untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si Kecil. Karena pada usia perkembangannya, ia baru saja mengenal berbagai macam rasa yang terkandung pada bahan bakunya.

Oleh karena itu itu orang tua wajib memiliki kesabaran dan sikap konsisten yang penuh agar dapat memastikan bahwa si kecil mau mengeksplor semua rasa. Adapun cara-cara dibawah ini bisa dijadikan pilihan untuk aktivitas makan yang menyenangkan.

Menyediakan Makanan yang Beragam

Cara pertama untuk mencoba memenuhi kebutuhan gizinya adalah ibu harus menyediakan makanan yang beragam. Ada banyak bahan baku masakan yang bisa diperoleh dengan mudah dan murah.

Artinya tidak terlalu terpatok pada harga yang mahal yang menandakan kualitasnya bagus. Karena di pasaran ada juga bahan baku sayuran dan buah yang mempunyai harga terjangkau.

Semakin beragam makanan yang disajikan oleh ibu maka akan semakin kaya pola nutrisi yang akan dikonsumsi oleh anak. Sebab tidak ada ada satu bahan makanan yang mampu menyediakan berbagai macam nutrisi.

Membuat Suasana Makan yang Menyenangkan

Tidak ada seorangpun yang dapat makan dengan enak jika suasana tidak menyenangkan.  Terlebih lagi anak-anak yang pada dasarnya memiliki sifat ceria dan gembira.

Oleh karenanya Anda dapat memastikan bahwa suasana makan akan menjadi sesuatu pengalaman yang menyenangkan. Letakkan anak pada kursinya sendiri dan cobalah bercakap-cakap sambil mendampinginya.

Memastikan Anak Lapar

Seringkali orang tua menyangka bahwa memberikan makanan setelah anak-anak adalah yang terbaik. Hal itu sebenarnya dapat mengakibatkan anak tidak dapat merasakan lapar Terutama ketika jam makan besar.

Tentu ini akan menyulitkan bagi orang tua akan proses pemberian nutrisi nya. Karena pada umumnya zat gizi yang dibutuhkan terdapat banyak pada sajian yang dimasak langsung menggunakan bahan baku segarnya.

Jika anak memang menyukai kudapan maka alangkah baiknya orang tua memberikan sajian yang beragam. Antara lain adalah membuat puding untuk snack pagi,serta  pemberian susu untuk snack sore.

Cara-cara diatas bisa Anda lakukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil. Memang diperlukan kesabaran dan konsisten agar sang buah hati pun menyadari bahwa mengkonsumsi berbagai jenis makanan adalah yang terbaik.