4 Keuntungan Memainkan Permainan Anak Laki-Laki

4 Keuntungan Memainkan Permainan Anak Laki-Laki

Ada banyak pilihan permainan anak laki-laki yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan kemampuan keterampilan dan motoriknya. Sebab masyarakat terlanjur mempercayai anak laki-laki harus lebih tangkas dan gesit.

Karenanya jika di manfaatkan secara konsisten maka permainan tersebut akan mampu memberikan keuntungan yang optimal bagi tumbuh kembangnya. Apa sajakah benefitnya? Simak penjelasan di bawah ini.

Keuntungan Memainkan Permainan Anak Laki-Laki

Sebenarnya keuntungan memainkan permainan anak laki-laki tidak dapat dilihat dan dirasakan secara langsung. Namun dalam jangka waktu beberapa bulan, bisa dilihat perbedaan yang nyata.

Keuntungan yang bisa diperoleh adalah sebagai berikut:

Melatih Ketangkasan

Biasanya permainan yang ditujukan untuk anak laki-laki membutuhkan aktivitas yang lebih tinggi. Hal ini didorong karena adanya kepercayaan masyarakat bahwa laki-laki harus lebih gesit dan kuat.

Sehingga ada banyak permainan khusus untuk anak laki-laki yang yang membutuhkan penyelesaian kegiatan secara aktif. Antara lain adalah bermain mobil-mobilan dari kulit jeruk serta membidik dengan menggunakan senapan yang dibuat dari kulit batang pisang.

Melatih Kepercayaan Diri

Dengan memanfaatkan permainan tradisional tersebut maka sebenarnya secara tidak langsung orang tua melatih kepercayaan diri anak laki-laki tersebut. Sebab Ia harus merancang dari awal bagaimana membuat membuatnya.

Orang tua dapat mendampingi anak laki-laki untuk mencari bahan baku yang diperlukan. Kegiatan tersebut dilakukan sambil mengajarinya kualitas bahan yang terbaik agar dapat menghasilkan mainan yang bagus.

Jika dilakukan secara konsisten maka lama-kelamaan anak laki-laki tersebut dapat mengetahui bahan mana yang paling baik untuk membuat mainan tradisional. Sehingga dapat menumbuhkan kepercayaan diri.

Melatih Kerjasama

Umumnya permainan tradisional dilakukan secara bersama-sama. Sehingga tentu saja menuntut kerjasama dengan sesama pemain yang ada yaitu rekan sebaya nya. Jika dilakukan terus-menerus maka dapat membantunya untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi serta bekerja dalam tim.

Dengan bermain Maka bekerja sama dalam tim dapat membantunya mencapai tujuan. Antara lain adalah dengan menerapkan strategi untuk mengalahkan lawan. Karena biasanya yang dipertaruhkan adalah kebanggaan diri sendiri dan kelompok.

Melatih Menghargai Sesama

Ketika secara tidak langsung bekerja sama dengan temannya maka anak laki-laki tersebut pun melatih Bagaimana cara menghargai sesama. Terutama saat Anggota satu tim memiliki pendapat yang berbeda ataupun keterbatasan.

Jika hal ini dilatih sejak dini,  maka di masa dewasanya anak laki-laki tersebut akan mampu menghargai perbedaan yang ada di lingkungan dan masyarakat sekitar.

Tentu ini menjadi modal yang amat baik ketika ia mulai terjun ke dunia pekerjaan yang lebih kompleks dan majemuk. Ditambah lagi dengan dunia yang kini tanpa batas dan menjangkau sisi-sisi negara lain.

Dengan banyaknya keuntungan yang bisa diperoleh dengan memainkan permainan anak laki-laki, maka jangan segan-segan untuk melakukannya secara konsisten. Selain melatih keterampilan fisik juga mampu mengembangkan kemampuan sosialnya.