4 Ramuan Herbal Untuk Mual Saat Haid, Coba deh

4 Ramuan Herbal Untuk Mual Saat Haid, Coba deh

Mual saat haid merupakan gejala tambahan yang harus dirasakan oleh perempuan pada saat masa menstruasi. Gejala ini akan membuat menurunnya tingkat produktivitas terutama pada perempuan yang bekerja.

Kendati demikian gejala ini bisa di dikurangi dengan melakukan beberapa hal dibawah ini. Apa sajakah itu? Simak beberapa tips untuk mual pada saat haid.

Herbal Untuk Mual Saat Haid

Selain rasa sakit yang khas pada saat menstruasi banyak perempuan juga yang merasakan mual saat haid.  Hal ini disebabkan karena meningkatnya hormon stres yang bisa mengganggu produksi asam lambung.

Untuk mencegah hal tersebut, maka terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan boleh perempuan agar tidak terlalu merasakan mual terutama ketika bekerja.

Minum Jamu Kunyit Asem

Untuk membantu mengurangi rasa mual pada saat haid, Anda dapat meminum jamu kunyit asem yang telah dipercaya secara turun temurun dapat membantu mengurangi gejala tersebut.

Sekarang banyak terdapat produk botolan yang bisa langsung di konsumsi tanpa perlu meraciknya. Namun jika Anda lebih nyaman dengan jamu yang diracik, maka bisa membuatnya sendiri atau mendatangi pedagang jamu gendong.

Mengkonsumsi Teh Jahe

Untuk mengurangi rasa mual pada saat haid Anda dapat mengkonsumsi teh jahe. Rimpang ini sudah diketahui sejak lama dapat membantu mengurangi produksi asam lambung yang berlebihan.

Caranya pun sangat mudah tinggal menyiapkan jahe bersih yang sudah dibakar dengan ukuran 1 jempol. Lalu gepreklah hingga keluar sarinya. Rendam dengan air panas selama 30 menit. Minumlah sewaktu masih hangat.

Mengkonsumsi Jamu Jahe

Selain mengkonsumsi teh jahe, Anda juga bisa membuat jamu jahe untuk mengurangi rasa mual. Caranya adalah dengan merebus 100 gram jahe dengan 1 liter air panas.  masukkanlah gula aren atau gula kelapa sebanyak 250 gram.

Didikan selama 15 menit. Saring larutan pada gelas saji. Anda dapat mengkonsumsi ini sebanyak 200 ml pada saat pagi hari atau malam hari untuk mencegah rasa mual tersebut timbul.

Meminum Rebusan Kayu Manis

Selain jahe ternyata kayu manis juga dapat memiliki fungsi untuk mengurangi rasa mual pada saat menstruasi. Caranya sangat mudah. Rebuslah 1 lliter air panas dengan 50 gram kayu manis.

Saring air rebusan tersebut ke dalam gelas saji.  masukkan 2 sdm madu alami sebagai pemanis dan tambahkan 1 sdm penuh lemon. Konsumsilah selama masih hangat untuk menenangkan perut serta mengurangi gejala mual.

Karena semuanya menggunakan obat-obatan herbal, maka Anda perlu konsisten untuk mengkonsumsinya agar bisa memperoleh manfaat secara maksimal. Minumlah 3 hari menjelang haid dan selama masa menstruasi.

Anda dapat memilih untuk melakukan beberapa cara di atas agar mual saat haid bisa dikurangi. Sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan produktivitas yang sedikit menurun pada masa menstruasi.