5 Tips Menyajikan Espresso Coffee

5 Tips Menyajikan Espresso Coffee

Espresso coffee merupakan salah satu varian kopi yang terkenal dengan cita rasa pahitnya yang khas. Varian kopi ini merupakan hasil ekstraksi biji kopi dengan menggunakan tekanan yang tinggi, tanpa ada tambahan bahan lainnya. Bagi Anda yang ingin mencoba menyajikan secangkir espresso di rumah, bisa intip 5 tips jitunya berikut ini.

1.      Gunakan Hanya Biji Kopi yang Segar

Salah satu cara untuk bisa menyajikan espresso dengan kualitas rasa dan aroma yang tinggi adalah dengan memilih hanya biji kopi yang masih segar. Tak peduli apa pun jenis biji kopinya, apakah itu biji kopi Toraja, Aceh Gayo, atau pun yang lainnya, pastikan biji kopinya masih segar dan bukan dalam bentuk bubuk.

Kesegaran biji kopi sendiri bisa Anda tentukan dengan mengamati roasting date atau tanggal pemanggangan biji kopi tersebut. Kopi yang paling bagus adalah yang umurnya berkisar 7 hingga 10 hari setelah tanggal pembakaran atau roasting date-nya tersebut. Oleh sebab itu, usahakan untuk menggunakan biji kopi yang masih segar tersebut.

2.      Haluskan Kopi Hingga Mirip Gula Bubuk

Kehalusan biji kopi yang nantinya akan disulap menjadi espresso, juga bakal menentukan kualitas espresso tersebut. Oleh sebab itu, tentukan kehalusan bubuk kopi yang akan digiling. Kehalusan biji kopi yang akan digunakan untuk espresso, umumnya mirip dengan gula bubuk yang teksturnya begitu halus. Jadi, pastikan kehalusannya ini, saat Anda menggilingnya di coffee grinder.

3.      Bersihkan dan Hangatkan Portafilter

Portafilter merupakan salah satu bagian penting pada mesin kopi espresso. Pada bagian inilah, biji kopi yang telah dihaluskan diletakkan, kemudian akan diberi air dengan tekanan tertentu, untuk bisa menghasilkan espresso yang berkualitas. Agar espresso yang dihasilkan nanti berkualitas, pastikan portafilter yang akan Anda gunakan dalam kondisi bersih dan juga hangat.

4.      Gunakan Air dengan Suhu yang Tepat

Suhu atau temperatur air yang akan digunakan untuk membuat espresso sama sekali tak boleh sembarangan. Anda direkomendasikan untuk menggunakan air dengan suhu sekitar 90 hingga 96 Celcius untuk membuat espresso. Mengenai banyak airnya sendiri, segelas espresso membutuhkan sekitar 25 hingga 35 gram air.

5.      Gunakan Gelas Porselen saat Penyajiannya

Jika proses pembuatan sudah selesai, sajikan espresso tersebut dalam gelas kecil yang terbuat dari porselen. Mengapa harus porselen dan bukan gelas dari bahan lainnya? Alasannya adalah karena porselen tak akan mempengaruhi rasa espresso. Alhasil, Anda akan bisa menikmati cita rasa espresso yang kaya dan utuh sepenuhnya.

Agar bisa menyajikan espresso coffee dengan cita rasa dan aroma yang menggugah selera, pastikan Anda mengikuti deretan tips yang disebutkan di atas. Proses pembuatan atau penyajian yang tepat akan bisa menghasilkan espresso buatan rumah yang berkualitas tinggi, yang tak kalah dengan espresso ala cafe.