Berikut Cara Penggunaan Huruf Kapital yang Tepat

Berikut Cara Penggunaan Huruf Kapital yang Tepat

Bagi Anda yang suka menulis cerita, menulis catatan, atau menulis pengalaman yang dilakukan sehari-hari. Saat Anda menulis pastinya Anda harus memperhatikan huruf kapital, agar tulisan Anda sesuai dengan kaidah penulisan PUEBI atau Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Meskipun Anda menulis untuk diri sendiri, tidak ada salahnya Anda menggunakan huruf kapital yang benar. Berikut ini contoh huruf kapital yang benar.

Penggunaan Huruf Kapital di Awal Kalimat

Huruf kapital digunakan ketika Anda menulis di awal kalimat. Setiap awal kalimat baik di paragraf pertama, kedua, ketiga dan seterusnya akan memakai huruf besar. Jadi setelah Anda mengakhiri kalimat dengan tanda titik maka untuk memulai kalimat baru Anda harus menggunakan huruf besar.

Contoh :

  • Kapan bolpen ini harus dikembalikan?
  • Hari ini Riski sedang membantu ibu membereskan rumah.

Huruf Kapital untuk Menulis Nama Orang

Saat Anda menulis nama seseorang Anda harus menggunakan huruf kapital. Hal ini dilakukan untuk menghormati orang yang bersangkutan. Contoh penggunaan huruf kapital untuk nama orang adalah sebagai berikut.

  • Slamet Pambudi
  • Bagus Aditya

Julukan Seseorang

Selain nama orang huruf kapital juga digunakan untuk menuliskan julukan seseorang. Contoh huruf kapital untuk julukan seseorang adalah sebagai berikut.

  • Raja Campursari
  • Raja Hutan

Petikan Langsung

Huruf kapital juga digunakakn untuk memulai sebuah petikan. Contoh huruf kapital yang digunakan untuk memulai sebuah petikan adalah sebagai berikut.

  • Jono kemarin bertanya kepada Joni mengenai bolpen favoritnya, “Jon, kamu tahu bolpen yang kemarin ketinggalan di kelas?”.

Penulisan Gelar

Penulisan gelar yang dimiliki oleh seseorang juga harus dimulai dengan menggunakan huruf kapital. Contoh penulisan gelar yang dimiliki seseorang adalah sebagai berikut.

  • Jono Aditya, S.H (Sarjana Hukum)

Penulisan Jabatan atau Pangkat

Penulisan jabatan atau pangkat juga harus ditulis dengan huruf kapital di masing-masing kata. Berikut contoh huruf kapital untuk penulisan jabatan atau pangkat.

  • Gubernur Jawa Tengah

Itulah informasi dari laman https://www.daftarpustaka.org tentang contoh huruf kapital. Dalam menggunakan huruf kapital Anda memang tidak bisa menggunakan dengan asal-asalan, karena ada aturan yang menyertainya. Sebaiknya Anda menggunakan huruf kapital sesuai penjelasan yang ada diatas.