Cara Mencuci Sayuran yang Benar Agar Terbebas dari Kuman

Cara Mencuci Sayuran yang Benar Agar Terbebas dari Kuman

Saat mengonsumsi sayur atau buah sebaiknya perlu dicuci terlebih dahulu agar kuman yang menempel di atasnya bisa dibersihkan. Sayur dan buah saat ini juga dibudidayakan dengan menambahkan pestisida yang disemprotkan sehingga perlu dibersihkan sebelum konsumsi. Berikut ini tata cara mencuci sayuran yang benar supaya terhindar dari berbagai penyakit.

Kuman di Permukaan Sayur

Sayur merupakan bahan makanan menyehatkan dengan berbagai kandungan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Meski begitu, bahan tersebut bisa terkontaminasi bakteri atau bahan kimia yang nanti bisa berakibat buruk pada kesehatan. Gejala paling sering yang terjadi yaitu berupa mual hingga demam yang terjadi setelah konsumsi sayur tanpa dicuci terlebih dahulu.

Bakteri dan bahan kimia bisa terdapat di permukaan sayur dapat terjadi melalui proses budidaya yang dilakukan. Selain itu, kotoran dan hewan yang menempel pada bahan tersebut juga bisa menjadi sumber bakteri. Pencucian sangat penting terutama ketika hendak mengkonsumsi sayur dalam bentuk salad.

Setelah panen, sayur mungkin tidak mendapat penanganan yang baik dan tidak higienis selama prosesnya. Ketika memakan pun, tangan atau alat yang dipakai juga bisa mengkontaminasi bagian permukaan sayur.

Cara Mencuci

Sayur sebaiknya tidak dicuci terlebih dahulu sampai ketika bahan tersebut hendak dikonsumsi dengan segera. Pencucian sebelum menyimpan bisa menambah bakteri yang ada apalagi ketika pengeringan tidak dilakukan dengan baik.

Sebelum memutuskan untuk mengambil sayur, cuci tangan terlebih dahulu dengan air mengalir dan sabun. Ketika pada sayur terdapat bagian yang membusuk, jika masih layak konsumsi sebaiknya potong terlebih dahulu bagian tersebut sebelum dicuci. Berikut langkah lengkap pencucian sayur:

  • Terlebih dahulu cucilah tangan dengan memakai sabun di air mengalir dalam waktu 20 detik
  • Memotong bagian yang membusuk
  • Gosok bagian luar sayur di bawah air mengalir, lakukan dengan berhati-hati.
  • Jika masih terasa kurang bersih, sayur dan buah juga bisa dibersihkan memakai air hangat.
  • Terakhir, bahan sayur perlu dikeringkan dengan kain lap yang bersih atau bisa juga dengan tissue kertas.

Tips Sebelum Konsumsi

Konsumsi buah dan sayur yang baik tidak hanya tentang mencuci sebelum mengkonsumsinya tetapi pemilihan, penyimpanan, dan pengolahannya pun harus benar. Pastikan untuk selalu membeli sayur yang masih terlihat segar dan bersih di supermarket maupun pasar.

Setelah membeli sayur, penyimpanan di rumah menjadi elemen penting agar kesegaran dan kebersihan bahan tersebut terjaga. Sayur perlu diletakkan di dalam pendingin dengan wadah yang bersih dan terpisah dari bahan makanan lainnya. Bahan tersebut tidak boleh berada di dekat daging atau bahan berbau pekat karena bisa merusak kualitasnya.

Itulah dia cara mencuci sayuran yang benar supaya dalam proses selanjutnya tidak ada bakteri yang berpotensi mengganggu kesehatan. Mencuci sayur menjadi proses penting sebelum mengolahnya menjadi makanan lain, jangan lupa juga perhatikan bagaimana kebersihan alat dapur.