Mengetahui Denda Pajak Motor Yuk, Dihitung Besarannya

Mengetahui Denda Pajak Motor Yuk, Dihitung Besarannya

Sebagai pemilik kendaraan bermotor pasti Anda Mengetahui bahwa setiap tahun wajib membayar pajak. Jika tidak melakukan kewajiban tersebut, maka Anda bisa dikenai denda pajak motor yang besarnya bervariasi bergantung pada tahun pajak yang tidak terbayarkan.

Dengan membayarkan pajak kendaraan maka anda sudah berkontribusi untuk negara. Sebab pajak merupakan pendapatan negara yang dananya nanti digunakan untuk membiayai pembangunan yang diperlukan.

Mengetahui Denda Pajak Motor

Denda pajak motor memang besarnya berbeda-beda bergantung pada lamanya ada tidak membayarkan kewajiban tersebut. Namun pemilik dapat mempelajari bagaimana cara perhitungan rendahnya.

Contoh kalkulasi denda pajak kendaraan roda dua tersebut di bawah ini:

  1. Jika  terlambat 2 hari sampai 1 bulan berjalan maka perhitungannya adalah PKB X 25%
  2. Jika keterlambatan lebih dari 2 bulan, maka denda nya sebesar PKB x 25% x 2 per 12 ditambah denda pada SWDKLLJ
  3. Jika keterlambatan lebih dari 3 bulan maka besaran denda adalah  PKB x 25% x 3/12 ditambah denda pada SWDKLLJ
  4. Jika keterlambatan lebih dari 6 bulan, maka besaran denda adalah  PKB x 25% x 12/12 ditambah denda pada SWDKLLJ
  5. Jika keterlambatan lebih dari 1 tahun, maka besaran denda kendaraan bermotor adalah adalah  PKB x 25% x 12/12 ditambah denda pada SWDKLLJ
  6. Jika keterlambatan lebih dari 2 tahun, maka besaran denda kendaraan bermotor adalah adalah  2 x PKB x 25% x 12/12 ditambah denda pada SWDKLLJ
  7. Jika keterlambatan lebih dari 3 tahun, maka besaran denda kendaraan bermotor adalah adalah  3 x PKB x 25% x 12/12 ditambah denda pada SWDKLLJ
  8. PKB merupakan singkatan dari pajak kendaraan bermotor. Sementara SWDKLLJ adalah sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan

Contoh Perhitungan Denda

Anda dapat mencoba menghitung besaran denda pajak kendaraan bermotor menggunakan rumus yang telah diberikan di atas.

Misalkan adalah seseorang yang tidak membayar pajak selama 6 bulan. Sementara tagihan pajaknya sebesar Rp200.000. SWDKLLJ untuk motor adalah sebesar rp32.000. Maka besaran denda pajak nya adalah sebagai berikut:

Besaran denda adalah = PKB x 25% x 12/12 ditambah denda pada SWDKLLJ

                                         = Rp200.000 x 25% x 12/12 + Rp32.000

                                         = Rp82.500

Dengan menggunakan perhitungan denda motor di atas maka diperoleh besaran nilainya adalah Rp82.500. Sehingga Jika anda hendak membayar pajak tersebut maka total yang harus dibayarkan adalah sejumlah nilai pajak ditambah denda. Menjadi Rp282.500.

Untuk menghindari denda pajak motor, maka Anda perlu membayar kewajiban ini setiap tahunnya sesuai dengan jadwal. Jika jangka waktu tidak membayar nya semakin lama tentu saja nilai dendanya akan semakin besar. Tentu ini akan merugikan pemilik kendaraan bermotor sendiri.