Penting Banget! Simak 5 Manfaat Air Putih Bagi Tubuh Saat Hamil

Penting Banget! Simak 5 Manfaat Air Putih Bagi Tubuh Saat Hamil

Ibu hamil membutuhkan lebih banyak gizi dan nutrisi untuk menjaga kesehatannya dan kesehatan janin. Selain makanan sebagai sumber nutrisinya, ibu hamil juga membutuhkan air putih sebagai sumber gizinya. Namun sayangnya masih ada yang menyepelakan manfaat air putih bagi tubuh ibu hamil karena merasa sudah cukup dengan obat-obat dan makanan yang dikonsumsi.

Jika sebelum hamil sudah terbiasa minum air putih kurang lebih 8 gelas, mungkin saat hamil Anda bisa menambahnya 1 gelas atau sesuai kebutuhan tubuh. Adapun manfaat air putih tersebut antara lain:

  1. Mengganti Cairan Tubuh Pada Trimester Pertama

Pada trimester pertama biasanya ibu hamil akan mengalami mual dan muntah atau morning sickeness. Setiap ibu hamil mengalami mual yang berbeda-beda mulai dari yang ringan sampai parah. Tapi ada beberpa yang tidak mengalaminya sama sekali.

Saat ibu hamil mual dan muntah, tubuh ibu hamil akan kekurangan cairan tubuh yang bisa menyebabkan tubuh dehidrasi. Oleh karena itu perbanyak air putih agar ibu dan janin tetap sehat.

  1. Mampu Mendetoks Racun

Tidak semua makanan yang dikonsum ibu hamil tersebut benar-benar aman. Terkadang ada beberapa racun yang tidak diketahui atau disadari, tapi tetap membahayakan ibu hamil.

Air putih merupakan detoks terbaik karena sangat mudah diserap pada seluruh tubuh. Meskipun demikian, sebaiknya Anda menghidari makanan yang kirany kurang sehat seperti makanan cepat saji dan minuman bersoda.

  1. Meningkatkan Tumbuh Kembang Janin

Manfaat air putih bagi tubuh selanjutnya yaitu membantu pertumbuhan janin dalam perut ibu meliputi plasenta, ketuban, darah, dan kesehatan tubuh si janin. Dengan baiknya pertumbuhan janin, maka kemungkinan kelahiran prematurpun bisa diminimalisir.

  1. Baik untuk Cairan Ketuban

Pembentukan dan pertumbuhan janin sangatlah dipengaruhi oleh beragam cairan di perut ibu hamil seperti plasenta, cairan ketuban, darah, dan lain-lain. Kekurangan konsumsi air putih tidak hanya membahayakan kesehatan ibu hamil tapi juga kesehatan janin.

Cairan ketuban ini benar-benar harus diperhatikan kesehatannya karana ketuban berperan  penting dalam melindungi janin, mencegah lahir tidak sempurna, hingga keguguran.

  1. Mencegah Munculnya Stretch Mark

Stretch mark atau guratan-guratan halus pada perut terkadang menjadi  momok menakutkan bagi ibu hamil. Meskipun saat ini sudah banyak sekali beredar obat-obatan atau perawatan untuk menghilangkannya, tapi dengan air putih Anda bisa mengurangi risiko ”si gari halus” tersebut.

Biasanya ibu hamil akan mendapatkan stretch mark mulai pada trimester ketiga hingga melahirkan. Bahkan jika guratan halus tersebut tidak segera dihilangkan, maka akan membekas hingga anak besar sekalipun.

Demikian beberapa manfaat air putih bagi tubuh ibu hamil. Pada saat hamil hingga menyusui, ibu hamil dan bayi sama-sama membutuhkan asupan airputih. Yuk, kurangi risiko bayi lahir prematur dengan rajin menjaga kesehatan ibu hamil.