Pentingnya Air Bersih, Dampak Pencemaran Air Dan Cara Mencegahnya

Pentingnya Air Bersih, Dampak Pencemaran Air Dan Cara Mencegahnya

AIR adalah sumber daya alam yang paling penting di planet Bumi karena merupakan inti dari semua kehidupan. Oleh sebab itu water treatment Indonesia hadir untuk menjaga kualitas air di Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari unsur air di bumi, yang menyusun dua pertiga dari permukaan bumi adalah air. Faktanya, sekitar 60% hingga 70% komponen tubuh manusia terdiri dari air. Air ada di mana-mana dan jumlah air di bumi adalah konstan. Air hanya berubah bentuk dan melalui siklus yang disebut siklus air. Siklus air adalah bentuk air yang dimulai di lautan, danau, dll, dan kemudian menguap menjadi uap. Setelah mengalami kondensasi dan presipitasi, air tersebut jatuh kembali ke bumi sebagai hujan, termasuk salju. Dari siklus ini, ada air bersih (air minum) yang dianggap cukup aman untuk dikonsumsi manusia dan hewan.

Air bersih biasanya digunakan untuk minum, memasak, mencuci, menyiram tanaman dan sejenisnya. Namun ada masalah serius yang mengancam keberadaan air di muka bumi ini, yaitu pencemaran air atau waterpolution. Sebenarnya kita sudah paham apa itu pencemaran air, apa penyebab dan akibatnya? Pencemaran air Air mudah tercemar. Air dikenal sebagai pelarut universal karena dapat melarutkan lebih banyak zat daripada cairan lain di bumi. Inilah sebabnya mengapa air sangat mudah tercemar.

Pencemaran Air

Pencemaran air adalah pencemaran badan air (seperti lautan, laut, danau, sungai, air tanah, dll) yang biasanya disebabkan oleh aktivitas manusia. Perubahan  sifat fisik, kimia atau biologi air akan membawa akibat yang merugikan bagi makhluk hidup. Menurut Encyclopaedia Britannica, pencemaran air adalah pelepasan zat ke dalam air tanah di bawah permukaan atau ke danau,  sungai, muara, dan lautan dengan cara yang mengganggu penggunaan air  atau fungsi ekosistem yang bermanfaat. Menurut Dewan Pertahanan Sumber Daya Alam, pencemaran air terjadi ketika zat berbahaya (bahan kimia atau mikroorganisme) mencemari sungai, sungai, danau, lautan, atau badan air lainnya, sehingga menurunkan kualitas air dan menjadi racun bagi manusia dan lingkungan. Pencemaran air menyebabkan krisis air tawar, mengancam  air minum dan kebutuhan vital lainnya bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. Sumber Pencemaran Air Sumber pencemaran air dapat diklasifikasikan menjadi dua kategori yaitu langsung dan tidak langsung. Sumber langsung adalah sumber pencemaran yang secara langsung membuang limbah berbahaya dan produk sampingan  ke sumber air terdekat tanpa pengolahan. Misalnya, pabrik limbah, fasilitas pengelolaan limbah, dan kilang minyak. Badan air dapat terkontaminasi dengan berbagai zat termasuk mikroorganisme patogen, sampah organik yang  membusuk, fitonutrien, bahan kimia beracun, sedimen, panas, minyak, dan zat radioaktif. Beberapa pencemar air yang paling umum termasuk limbah domestik (rumah tangga), limbah industri, insektisida dan pestisida, deterjen, dan pupuk.

Cara Mencegah Pencemaran Air

Pencegahan Cara terbaik untuk mencegah pencemaran air  skala besar adalah dengan meminimalkan efek berbahayanya. Ada berbagai perubahan kecil yang dapat dilakukan orang untuk melindungi diri mereka dari kemungkinan kekurangan air minum di masa depan. Beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya pencemaran air, salah satunya adalah dengan menghemat air. Limbah air adalah masalah besar di dunia dan orang-orang hanya menyadari masalah ini. Diyakini bahwa perubahan kecil buatan manusia  membuat perbedaan besar. Upaya lain untuk mengolah sampah sebelum masuk ke badan air adalah dengan mengurangi pencemaran air secara besar-besaran dan juga dengan melakukan instalasi pengolahan air limbah.